Jumat, 09 Januari 2009

KM 9 : MENGENAL SHOLAT

Assalamualaikum muslimahcosmopolitan,

Pernah dengar kan, bahwa amalan pertama yang dihisab kelak adalah tentang ibadah sholat kita. Untuk yang satu ini, mama adalah orang yang paling rajin mengingatkan saya sejak kecil sampai sudah punya anak kecil alias sampai sekarang. Berkali-kali saya berusaha bisa sholat khusyu, belum sukses juga. Tapi saya tidak patah semangat, anggapan saya, biarlah saya sholat belum benar, yang penting saya berusaha untuk benar-benar sholat dan terus belajar untuk sholat yang benar.

Nah, salah satu cara yang saya pilih adalah memahami arti dari bacaan sholat yang saya baca. Meskipun sepertinya sedari kecil saya sudah berkali-kali mempelajari hal yang sama, namun mungkin kali ini ada yang berbeda, rasanya ALLAH menurunkan hadiah hidayahnya pada saya, sehingga betapa terkejutnya saya ketika melihat sesungguhnya isi sholat itu adalah pengakuan akan keberadaan dan ke-esa-an Tuhan saya, ALLAH SWT. Justru disini saya menemukan kebesaran dan kekuasaanNYA.

Bayangkan, pada doa iftitah terdapat kalimat dengan arti demikian : Sesungguhnya sholatku, ibadahku, hidup dan mati ku adalah untuk ALLAH semata. Nah lho, apa kabar dengan perbuatan saya selama ini. Kesalahan dan dosa kah yang akan saya persembahkan pada NYA dalam mengisi berkah kehidupan pemberianNYA? Atau inikah balasan saya yang paling pantas atas semua nikmat yang begitu tak terhitung banyaknya yang telah dikaruniakanNYA pada saya.... Naudzubillah...saya terhenyak hebat. Ada banyak sekali hal yang harus saya perbaiki dalam menjalani kehidupan ini, karena hidup dan mati saya seharusnya adalah untuk ALLAH, Tuhan saya. Maka tak boleh lagi saya melakukan yang buruk-buruk. Harus segera diganti dengan kebaikan. Masa, Tuhan sendiri saya kasih yang jelek-jelek...Wong ngasih pacar, suami atau anak (yang notabene adalah ciptaanNYA) aja yang bagus-bagus. Mungkin ini lah tafsir dari FirmanNYA yang : Sesungguhnya sholat itu mencegah dari perbuatan keji dan mungkar”

Berikutnya, saya melihat bacaan yang harus saya baca saat duduk diantara dua sujud, yang artinya adalah : Wah, ternyata selama ini saya berdoa untuk memperoleh setidak-tidaknya 5 kali dalam sehari. Pantas saja ALLAH senantiasa mencukupkan saya dengan semua nikmat tersebut, Alhamdulillah, tanpa sadar, semua nikmat itu adalah kebutuhan paling dasar yang dibutuhkan oleh setiap manusia alias gawat banget deh kalau lagi tidak terpenuhi.

Ini Tips di garda depan yang selalu saya lakukan biar sholat saya bisa lumayan khusyu, yaitu saya sebisa mungkin berusaha untuk menyelesaikan segala urusan yang kira-kira bisa menggangu konsentrasi saya saat sedang sholat, dan satu lagi nih, biasanya sebelum mulai sholat, saya membayangkan akan bertemu dan menghadap Dzat yang paling saya hormati dengan seluruh jiwa raga dan hati saya,satu-satunya Dzat yang saya sembah, sehingga rasanya saya sedang berada di hadapan Dzat yang Paling Mulia, Tuhan saya, jadi rasanya lebih gimanaaaa gitu...

Boleh juga muslimahcosmopolitan coba tips pembuka ini, selanjutnya minta saja sama ALLAH supaya dikasih hidayah, kekhusyuk-an serta kenikmatan dalam sholat, karena hanya DIA yang bisa kasih. O iya, jangan patah semangat ya, terus berusaha supaya dapat hidayah dan segala yang kita inginkan. Semoga kelak timbangan sholat kita lebih bisa menyelamatkan kita dan menjadi kunci pembuka pintu surga. Amin.

Wassalam
Muslimah Cosmopolitan
Desy Andriani
Wajah Femina 98

Tidak ada komentar:

Posting Komentar